Tips Menulis Copywriting Di Instagram Untuk Meningkatkan Followers

Tips Menulis Copywriting Di Instagram Untuk Meningkatkan Followers

Tips Menulis Copywriting Di Instagram – Digital marketing yang dilakukan melalui mega platform Instagram rupanya bukan lagi satu hal yang asing. Ada berbagai tujuan yang ingin dicapai melalui langkah pengiklanan pada media sosial berlogo kotak berwarna keunguan tersebut. Salah satunya adalah untuk menambah jumlah pengikut.

Bagi sebuah akun di media sosial Instagram, jumlah pengikut atau followers adalah hal yang cukup penting. Bisa jadi pengikut tersebut dipergunakan untuk menambah jumlah engagement bagi para endorser. Selain itu, orang juga akan lebih percaya kepada online shop yang jumlah pengikutnya lebvih banyak.

Salah satu metode yang bisa digunakan untuk menambah jumlah followers adalah dengan cara menulis copywriting. Lalu bagaimanakah tips menulis copywriting agar akun Instagram anda lebih dilirik oleh orang? Berikut ini tips dan triknya.

Cara Meningkatkan Followers Dengan Menulis Copywriting Di Instagram

Pernahkah anda mendengar apa itu teknik copywriting?

Begini, kita ibaratkan saja teknik copywriting itu adalah sebagai sebuah metode pengiklanan. Namun pengiklanan tersebut dilakukan secara tertulis. Biasanya teknik ini dilakukan di media sosial dan banyak diperlukan oleh para pemilik online shop Instagram, para endorser bagi perusahaan, akun-akun dakwah atau quotes, dan lain sebagainya.

Nah, sudah menjadi tugas seorang copywriter untuk merangkai kata semenarik mungkin agar banyak orang tertarik untuk melakukan klik pada web atau akun media sosial terkait. Sehingga jumlah pengikut akun tersebut semakin bertambah, dan berdampak pada performa akun.

baca juga: 10 Cara Cepat Bikin Traffic Website Meningkat Drastis Tanpa Teknik SEO Yang Ribet

Tidak mudah untuk merangkai kata-kata untuk menarik para pengikut di Instagram. Namun ada berbagai trik khusus yang bisa anda praktekkan sebagai langkah upgrade followers di akun Instagram :

  1. Terlebih dahulu lakukan riset pasar

Jika berbicara media sosial, kita berbicara tentang sebuah pasar yang ada di dunia maya dan ukurannya sangat besar. Jangkauannya tidak hanya di dalam negeri saja, namun juga termasuk lingkup internasional.

Riset pasar menjadi hal yang harus pertama dilakukan. Caranya adalah dengan memperhatikan pasar yang anda targetkan adalah pada kisaran umur berapa, lalu bagaimanakah lifestyle yang mereka anut. Gaya hidup atau lifestyle tersebut bisa berupa bahasa yang digunakan, cara berpikir mereka.

Lalu dari hasil riset tersebut temukan kesamaannya. Pasti anda akan menemukan adanya suatu persamaan dari berbagai variabel yang diobservasi. Setelah itu, anda bisa merencanakan teknik penulisan yang anda gunakan untuk menggaet pengikut.

  1. Gunakan judul atau headline yang “nendang

Sebuah postingan di Instagram pasti yang menarik hati ada pada bagian gambar dan caption-nya. Bagian caption pasti memerlukan judul, isi, dan penutup. Tugas anda yang pertama adalah memaksimalisasi judul atau headline.

Saya berikan dua contoh judul untuk postingan Instagram seperti berikut ini :

  • Akun ini menyajikan banyak fakta menarik! (judul ke-1)
  • Mau fakta menarik setiap hari yang unik dan lucu? Ikuti akun ini! (judul ke-2)

Judul pertama memang sudah mencakup keseluruhan informasi yang diberikan oleh pengiklan. Namun judul kedua lebih menarik untuk diperhatikan. Pembaca akan lebih tertarik kepada judul kedua daripada judul pertama yang monoton.

  1. Terapkan isi pada body text yang lengkap dan mendetail

Setelah berhasil menentukan headline yang menarik, selanjutnya adalah merancang body text. Ada banyak sekali isi dari body text sebuah konten iklan di Instagram. Ada yang berisi detail dari ajakan untuk mengikuti akun tersebut, ada yang berisi keuntungan ketika mengikuti akun, dan lain sebagainya.

Kami beri contoh langsung sebagai berikut :

  • (berisi akun yang dipromosikan) berisi fakta-fakta menarik yang di-update setiap hari. Selain itu, ada juga update terbaru berita-berita yang terjadi di sekitar kita. (contoh pertama)
  • (berisi akun yang dipromosikan) menyediakan berbagai macam make-up ala Korea seperti maskara, eyeliner, lip tint, masker wajah, dan lain sebagainya. Buruan follow sekarang! (contoh kedua)

Nah, dari dua contoh di atas bisa kita lihat jika pada contoh pertama lebih menerangkan manfaat dari follow akun terkait. Sedangkan pada contoh kedua, body text lebih menerangkan isi dari akun yang dipromosikan.

Jangan lupa untuk menerangkan apa yang ingin disampaikan kepada calon pengikut. Anda bisa menambahkan informasi mengenai kontak pribadi akun, atau berbagai informasi lain yang sekiranya dibutuhkan oleh “calon pengikut” akun Instagram tersebut.

  1. Sisipkan poin “extra”

Pada bagian di bawah body text, tambahkan sedikit sentuhan bagian “extra” agar menarik minat pembaca untuk sekian kalinya. Untuk akun online shop, bagian extra bisa ditambahkan dengan menuliskan kalimat gratis diskon dengan persyaratan tertentu.

Contoh nyata bagian extra adalah sebagai berikut :

  • Nantikan giveaway setiap harinya yang diselenggarakan pada akun tersebut tiap pukul 17.00 WIB!
  • Jangan lupa pantengin terus postingan kami, bakal ada diskon menarik bagi 10 orang yang tercepat!
  • Dan lain sebagainya
  1. Tambahkan bagian penutup yang menarik minat pembaca

Sebagai bagian terakhir, usahakan untuk menyertakan bagian penutup yang manis dan berkesan. Ibaratkan sebuah surat, jika tidak ada penutupnya maka tidak akan “membekas” di ingatan para pembaca.

Karena konteksnya adalah untuk menarik pengikut pada akun Instagram anda, maka tambahkan bagian penutup yang sekiranya bisa mengikat keinginan pembaca untuk mengikuti akun anda. Begini contoh real-nya :

  • Jadi, jangan sampai ketinggalan! Ikuti akun kami sekarang juga! (contoh pertama)
  • Yuk, ikuti akun instagram @blablabla sekarang juga! (contoh kedua)

Pada contoh penutup pertama, bisa anda gunakan jika anda sedang mempromosikan akun anda sendiri. Namun contoh penutup kedua bisa anda gunakan jika sedang meng-endorse akun milik orang lain.

Nah, anda sudah mengetahui teknik copywriting yang efektif untuk menambah jumlah pengikut pada akun Instagram anda.Pada intinya, teks yang persuasif dan luwes lebih diutamakan agar pengunjung tertarik untuk mengikuti akun yang sedang dipromosikan. Selamat mempraktekkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan chat CS kami dibawah ya kak!

Kak, yang bisa kami bantu?