5 Strategi Konten Marketing Untuk Melipat Gandakan Penjualan

5 Strategi Konten Marketing Untuk Melipat Gandakan Penjualan

Strategi Konten Marketing – Apakah Anda merasa penjualan diakhir-akhir ini menurun? Mungkin anda belum menerpakan strategi melipat gandakan penjualan. Atau strategi lama dirasa sudah ketinggalan oleh perkembangan jaman.

Ya, disamping menciptakan sebuah produk, dunia bisnis juga akan melibatkan sebuah proses pemasaran. Dengan pemasaran, Anda akan dapat memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat luas sebagai target audiens Anda. Pemasaran juga inilah yang menjadi ujung tombak dalam penjualan sebuah produk.

Seperti yang kita ketahui ada berbagai strategi pemasaran yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagi seorang penjual produk, semakin banyak strategi tersebut di gunakan maka akan semakin ketat pula persaingan yang akan Anda hadapi.

Apalagi di zaman serba canggih seperti sekarang ini, Anda wajib mengupgrade strategi lama yang biasa Anda terapkan untuk lebih mengikuti perkembangan zaman.

Jika melihat perilaku konsumen di era milenial ini, kita tahu mereka lebih menyukai iklan yang lebih kearah menghibur. Apalagi media iklan saat ini banyak yang memanfaatkan media online seperti menggunakan iklan banner pada sebuah situ itupun dapat berupa iklan animasi atau sebuah gambar yang menarik dan lucu. Adalagi iklan yang dikemas dalam sebuah video. Ini seperti yang biasa kita lihat di sebuah channel youtube.

baca juga: Tips Menulis Copywriting Di Instagram Untuk Meningkatkan Followers

Inilah strategi iklan di era milenial yang biasa kita sebut dengan konten marketing.

Lalu adakan strategi Konten Marketing Untuk Melipat Gandakan Penjualan ?

Ya, coba ikuti 5 tips ini, mungkin dapat membantu menaikkan penjualan produk Anda!

  1. Fokus pada pemecaham masalah

Anda harus tahu apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan. Apabila Anda menciptakan sebuah produk yang sama sekali tidak dibutuhkan oleh pelanggan, maka besar kemungkinan produk Anda tidak akan dibeli mereka. Kenapa demikian? Karena berdasarkan ilmu ekonomi, setiap pelanggan memiliki perilaku masing-masing ketika, saat, dan setelah mengonsumsi produk. Mereka cenderung membeli sebuah produk karena kebutuhan dan bukan keinginan.

Faktanya, apabila produk yang Anda miliki berhasil menjawab masalah yang dihadapi masyarakat, maka sangat besar kemungkinan mereka akan membeli dan terus membeli produk Anda. Ketika sebuah produk/jasa memiliki demand yang tinggi, maka produk atau jasa itu akan menjadi pusat perhatian masyarakat.

Sebagai contoh, baru-baru ini harga garam melambung tinggi sekali. Hal ini disebabkan karena garam merupakan produk yang dapat menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat banyak. Ketika supply garam menurun, pelanggan akan mencari banyak cara untuk mendapatkannya meskipun dengan harga yang tinggi. Dengan demikian, dapat kita pahami bahwa produk atau jasa yang dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat akan memiliki value yang lebih tinggi.

  1. Tetapkan target pemasaran

Sebuah pemasaran tanpa target merupakan suatu tindakan pemborosan yang sangat buruk. Pasalnya, kegiatan pemasaran ini sendiri memerlukan dana yang tidak sedikit. Jadi, sangat tidak efektif dan efisien bila pemasaran dilakukan tanpat sebuah target. Cara menentukan target pemasaran tidak terlalu sulit.

Sebagai contoh, jika ada seorang paruh baya yang memiliki minat tinggi terhadap musik klasik, tentunya berita-berita mengenai musik rock atau punk tidak akan menarik baginya. Sehingga ia bukanlah target pasar yang harus Anda capai. Jadi, Anda harus menetukan target pasar yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda miliki serta dapat memecahkan permasalahan yang mereka miliki.

  1. Gunakan sub judul ketika memasarkan

Ketika memasarkan sebuah produk atau jasa, tentunya Anda memerlukan sebuah tema. Menentukan tema harus sesuai dengan nilai produk atau jasa yang Anda miliki. Tentunya Anda calon pelanggan lebih memahami produk yang Anda pasarkan maka rangkailah sub judul yang lebih spesifik dalam menjelaskan isi dari apa yang akan Anda pasarkan.

  1. Memberikan pesan yang jelas

Pada dasarnya, setiap orang tidak selalu tertarik dengan iklan berbasis grafis. Terkadang, iklan tersebut terasa sangat membosankan. Tips sederhana bagi Anda yang menggunakan iklan berupa gambar, foto, atau video yang di-upload melalui internet, Anda harus mendesain iklan sesederhana mungkin namun tetap menjelaskan isi dari informasi yang akan Anda sampaikan.

  1. Relevansi

Ibarat kata pepatah, “Setali tiga uang”, strategi pemasaran relevansi sangat menguntungkan. Relevansi yang kami maksud adalah strategi pemasaran yang saling berkaitan. Sebagai contoh, jika Anda sedang melakukan pemasaran untuk produk atau jasa A, maka sebisa mungkin Anda juga memasarkan produk/jasa B. Yang paling penting, produk atau jasa B harus memiliki value lebih bagi pengguna dalam memecahkan permasalahan yang mereka hadapi. Cara ini juga meningkatkan perhatian pelanggan kepada bisnis Anda.

Dari uraian diatas diharapkan dapat dapat menaikkan tingkat penjualan Anda dua kalilipat.

Inti dari strategi pemasaran menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda ini adalah Anda melakukan sesuatu yang tidak biasanya. Dapat pula dikatakan menyimpang dari yang telah ada.

baca juga: Tips Cara Membuat Iklan Copy Writing Facebook Yang Menarik Dan Membuat Orang Mau Klik Berbelanja

Contohnya, di jalanan ada seorang ojol yang rela memberikan hasil kerjanya untuk seorang kakek renta atau pengemis, sedangkan kita ketahui sang ojol tersebut mengenakan jaket sebuah developer ojek online. Nah dari situ kita akan terbawa cerita dari sang ojol tersebut tanpa kita sadari motorik otak kita telah menyimpan brand sebuah produk yang disematkan di jaket ojol tersebut.

Mungkin terdengar sedikit licik, tapi berkat itu pula ia berhasil memasarkan produknya kepada pelanggan potensial. Kecenderungan masyarakat yang lebih tertarik pada sesuatu yang diluar kebiasaan atau heboh itulah yang mendatangkan pelanggan untuknya. Secara tidak langsung, calon pelanggan yang jarang melihat paspor di areal tersebut akan memeriksanya dan mendapatkan informasi mengenai produk yang dipasarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan chat CS kami dibawah ya kak!

Kak, yang bisa kami bantu?