5 Alasan Mengapa Konten Infografik Lebih Menarik

5 Alasan Mengapa Konten Infografik Lebih Menarik

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari kata Information dan Graphics. Infografik dapat juga dikatakan bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih menarik, mudah dan cepat.

Infografis adalah solusi untuk membuat penyampaian suatu informasi data agar lebih menarik, mudah dan cepat untuk dipahami, karena dalam infografis lebih banyak menggunakan gambar atau ilustrasi dibandingkan teks. Infografis sendiri adalah percampuran dari kemampuan desain, analisis informasi, dan storytelling.

Infografik dalam dunia digital marketing saat ini sedang naik daun. Ketertarikan audience pada konten visual yang menarik ini ternyata tidak sekadar tren semata. Sebab, memang ada alasan psikologis di balik infografik  ini. Dan terbukti bahwa infografik adalah salah satu bentuk konten yang pantas dipertimbangkan bagi bisnis-bisnis yang sedang berkembang.

Mengapa banyak orang lebih tertarik dengan konten infografik?

Jawabannya yaitu ada di dalam otak kita. Pada dasarnya otak manusia sangat tertarik dengan elemen-elemen yang ada di infografik: grafik, gambar, angka, dan cerita. Rangkuman elemen-elemen tersebut yang dirangkai menjadi infografik secara otomatis dapat menarik perhatian kita. Berikut beberapa penjelasan ringkasnya.

baca juga: 5 Strategi Konten Marketing Untuk Melipat Gandakan Penjualan

Lalu Mengapa Konten Infografik Bisa Lebih Menarik? Ini dia beberapa alasannya.

1) Infografis Dapat Membuat Konten Anda Lebih Mudah Dipahami

Kemampuan infografis  untuk menyampaikan informasi yang relevan melalui bit informasi yang mudah dimengerti menjadikan infografis sebagai salah satu alat visual yang menarik. Penelitian telah menunjukkan bahwa gambar yang jelas dan terperinci lebih penting bagi sekitar 67% konsumen, dan kemungkinan besar bisa mendapatkan perhatian dan minat mereka lebih dari elemen penting lainnya seperti deskripsi produk, penilaian pelanggan, dan konten berbasis teks lainnya.

Dengan jumlah beribu-ribu informasi yang ada diinternet setiap harinya. Pembaca yang menjadi target anda akan lebih suka potongan-potongan kecil dari informasi visual yang mudah dipahami. Berbaris-baris kalimat dan paragraf teks mungkin tidak menarik bagi kebanyakan orang, Kemungkinan besar mereka akan lebih tertarik pada Infografis daripada mendapatkan informasi yang sama dalam format teks.

2) Infografis bisa membuat konten anda menjadi informasi yang viral.

Materi artikel dengan elemen visual seperti video atau gambar yang menarik dapat menghasilkan 94% lebih banyak share daripada teks sederhana atau konten yang tidak mengandung gambar sama sekali. Karakteristik utama Infografis adalah konten visual yang memikat yang sangat menarik bagi banyak orang. Sehingga sebagian besar orang ingin berbagi informasi yang ia dapat kepada orang lain. Hasilnya adalah konten visual anda bisa benar-benar menjadi viral karena lebih banyak orang menyukai dan juga berbagi Infografis melalui saluran media sosial mereka.

3) Infografis Dapat Meningkatkan Hasil Pencarian untuk Pemasaran Anda 

Ketika Infografis sudah viral, dampaknya bisa membawa manfaat bagi bisnis anda, dengan hasil pencarian di mesin pencarian yang lebih meningkat. Infografis tidak hanya dirancang dengan informasi kontak Anda, berbagi atau menautkan materi di media sosial atau saluran online lainnya dapat menghasilkan backlink penting bagi Anda. Hal Ini masuk akal, jika Infografis Anda disindikasikan dan digunakan oleh situs web lain untuk konten mereka, mereka biasanya akan menautkan kembali ke sumbernya!

Hasilnya adalah banyak tautan masuk yang benar-benar dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda. Anda bisa membuatnya lebih baik lagi dengan menambahkan kata kunci yang sangat bertarget sebagai bagian dari judul, deskripsi, dan informasi meta Infografis Anda. Hal ini dapat memberi Infografis Anda peluang lebih tinggi untuk tampil sebagai gambar atau sumber daya yang relevan dalam hasil pencarian. Semuanya dapat memberikan efek yang positif untuk bisnis Anda. Dan pada akhirnya tidak mustahil hingga 60% konsumen memiliki kemungkinan untuk menghubungi bisnis Anda jika mereka melihat gambar Anda, dalam hal ini sebuah Infografis, sebagai sumber yang relevan dengan kebutuhan mereka.

  1. Storytelling atau Cerita

Hal yang paling menarik dari sebuah infografik adalah cerita yang disajikan di dalamnya. Karena kesan naratifnya, elemen tersebut sama pentingnya dengan grafis dan angka. karna faktanya kebanyakan orang menyukai cerita bukan?

Pada umumnya orang akan selalu merasa nyaman dan “nyambung” dengan sebuah cerita. Cerita bisa membuat koneksi yang kuat, memicu otak dan emosi para pembaca. Infografik yang baik biasanya memiliki pembukaan, isi dan penutupan dengan maksud untuk merunut informasi yang akan diterima pembaca. Hal ini juga dilakukan untuk memberikan memberikan kesimpulan dari pertanyaan di awal (judul).

  1. Crafting Infografik dengan Tepat

Dalam membuat infografik  akan lebih baik jika terus memperhatikan tren yang sedang viral dan juga menyampaikan data dengan tepat. Perhatikan dan pikirkanlah seluruh visual yang Anda inginkan pada hasil akhirnya nanti. Mulai dari bentuk chart, gambar,dan urutan visual lainnya yang dapat mendukung pencernaan informasi lebih mudah. Cerita yang Anda tuturkan di dalamnya sebaiknya dirangkai dengan menyenangkan.

baca juga: Tips Cara Membuat Iklan Copy Writing Facebook Yang Menarik Dan Membuat Orang Mau Klik Berbelanja

Infografis juga bisa membantu Anda meningkatkan “Subscriber” dan “follower” Anda.

Kekuatan konten visual benar-benar dapat dirasakan hanya dengan melirik sekilas ke berita dan dinding Facebook Anda. Perhatikanlah di dinding media sosial banyak gambar-gambar menarik bukan? Itu semua adalah termasuk Infografis yang dibuat dengan sangat baik, menghasilkan lebih banyak like, koment, dan share dibandingkan hanya teks biasa. Hal ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghasilkan lebih banyak pelanggan dan pengikut ke halaman media sosial Anda, menjangkau jangkauan audiens yang lebih luas setiap kali Infografis Anda dibagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan chat CS kami dibawah ya kak!

Kak, yang bisa kami bantu?