Apa Sih Konten Marketing? Mengapa Konten Marketing Begitu Penting?

Belakangan ini, mungkin kita makin sering mendengar istilah content marketing, terutama jika terkait soal pemasaran di media digital. Tapi sebetulnya, apa itu konten marketing?

Apa yang membuatnya konon menjadi strategi pemasaran yang ampuh? Bahkan sampai disebut-sebut sebagai program pemasaran paling efektif saat ini, terutama kalau dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Baik, kita ulas sampai tuntas ya!

Apa itu konten marketing?

Secara umum, content marketing dipahami sebagai strategi pendekatan dalam kegiatan pemasaran, yang fokus pada pembuatan dan distribusi konten yang bernilai, relevan, dan konsisten, untuk bisa menarik dan mempertahankan minat audiens yang sudah ditetapkan; serta mendorong tindakan pelanggan yang bisa menghasilkan keuntungan.

Berdasarkan definisi umum itu, bagian “Konten yang bernilai, relevan, dan konsisten,” menjadi kunci yang membedakan kegiatan content marketing dengan program pemasaran biasa.

Kenapa? Karena hal itu menunjukkan bahwa ciri khas content marketing adalah berporos pada minat dan kepentingan audiens. Maka itu, kontennya harus berguna dan memiliki nilai guna buat audiensnya.

Selain itu, program content marketing mesti dijalankan dengan metrik atau tolak ukur jelas, agar kita bisa memantau apakah kegiatan tersebut benar-benar membantu kita mencapai tujuan pemasaran yang diharapkan; entah itu untuk menarik audiens agar mengenal brand terkait, atau mendorong mereka menjadi konsumen, pelanggan, atau pengguna brand Anda.

Mengapa konten marketing begitu penting dalam pemasaran produk?

  • Audiens kebal dengan iklan

Audiens Indonesia sudah mulai kebal dengan iklan, sehingga langkah yang tepat untuk menarik simpati mereka dengan cara melakukan content marketing.

Buatlah konten yang memang dibutuhkan oleh audiens, dengan begitu mereka akan lebih percaya dengan produk yang Anda tawarkan.

  • Mampu membuat konten atas landasan rasa peduli

Rasa peduli yang dituangkan dalam bentuk konten akan menarik lebih banyak antusias orang untuk membaca. Lewat content marketing, setiap brand bisa membuat konten atas landasan rasa peduli tanpa terkesan ada unsur paksaan dalam melakukan promosi.

  • Meningkatkan brand awareness

Untuk meningkatkan penjualan, tahap pertama yang harus dilakukan brand adalah dengan cara meningkatkan brand awareness. Content marketing yang disajikan dengan cara kreatif, lengkap dengan topik yang mengedukasi menjadikan brand Anda lebih dikenal dengan citra yang positif

  • Meningkatkan kepercayaan

Tidak mudah untuk meyakinkan audiens, di saat begitu banyak brand baru bermunculan. Namun, lewat content marketing yang dirancang dengan baik, brand mampu meningkatkan kepercayaan yang lebih tinggi agar layak untuk dipilih.

  • Membangun kesetiaan pelanggan

Memiliki pelanggan atau audiens yang loyal nyatanya tidak mudah, tapi dengan sajian konten yang berkualitas secara gratis semua itu menjadi mungkin untuk terjadi.

Content marketing menjadi cara spesial yang sangat bisa digunakan untuk membuat brand Anda menjadi pilihannya di hati banyak audiens. Jadi jangan hanya memikirkan promosi yang menyebalkan, lakukanlah dengan hati lewat content marketing.

Selain lewat web atau media sosial, Anda bisa menggunakan WiFi Advertising Platform sebagai media penyebaran content marketing.

Lalu bagaimana cara membuat teknik pemasaran untuk bisnis Anda?

Ada 6 prinsip yang harus Anda lakukan dalam membuat teknik pemasaran untuk sebuah bisnis, sebagai berikut :

  1. Berorientasi pada Kesuksesan Pelanggan

Prinsip pertama ini merupakan langkah awal bisnis Anda. Jika bisnis Anda mampu menjawab kebutuhan dari para pelanggan, nantinya Anda tidak akan merasa kesulitan memikat pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

  1. Membicarakan gagasan yang nyata

Agar mencapai content marketing yang tepat, Anda harus menyatakan gagasan – gagasan yang nyata sebagai ide strategi marketing dan Anda juga harus membicarakan hal tersebut dengan divisi penjualan bisnismu. Kepercayaan pelanggan akan terus meningkat jika bisnismu mampu menuntaskan masalah – masalah pelanggan.

  1. Gaya Pemasaran yang Sederhana

Dikarenakan mayoritas pelaggan masa kini sangat cerdas dalam menentukan pilihan terbaik, Anda harus menerapkan gaya pemasaran yang sederhana dan tentunya dapat dipahami semua orang. Hal penting lainnya adalah menarik, informatif, dan jelas adalah poin tambahan bagi pelangganmu.

  1. Membuat Tagline yang Humanis

Usahakan agar setiap kalimatnya tidak lebih dari 15 kata. Pemilihan kata ( diksi ) tentunya juga menjadi faktor penting untuk menjadi ciri khas bisnismu.

  1. Memberikan Saran yang Mudah Diwujudkan

Saran -saran yang sederhana namun berkesan lebih baik dari saran yang banyak namun tidak langsung bermanfaat. Saran yang sederhana membuktikan bahwa bisnismu dikelola secara profesional. Dengan begitu, Para pelanggan tidak akan ragu untuk mempercayakan solusi permasalahannya kepada bisnis Anda.

  1. Selalu Menciptakan Inovasi yang Membanggakan

Jangan lupa untuk selalu mengupayakan inovasi tentunya di bidang content marketing walaupun pencapaian bisnis yang Anda raih cukup memuaskan. Jadikan setiap rintangan bisnis sebagai pemicu untuk melakukan perbaikan secara berkesinambungan.

Dengan memahami dan menerapkan keenam prinsip tersebut kepada bisnis Anda. Tentunya Anda tidaklah mustahil untuk mengungguli dalam persaingan bisnis.

Contoh- contoh konten marketing :

  1. Infografis

Infografis merupakan suatu penggambaran mengenai suatu informasi, data, dan pengetahuan yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan jelas. Dalam memaksimalkan promosi melalui content marketing Infografis terbilang efektif dan banyak digunakan oleh perusahaan. Pembuatan infografis biasanya memanjang vertikal isinya berupa berbagai informasi dalam bentuk data statistik, gratifk, diagram dan informasi lainnya.

  1. Halaman Website

Tentunya website kita tidak asing dalam menggunakan untuk content marketing. Hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna dalam menyampaikan produk dan layanan mereka melalui website.

  1. Video

Video juga berperan penting sebagai media content marketing. Anda bisa memanfaatkan Youtube, Facebook Video, bahkan ditwitter sebagai solusi untuk menyampaikan pesan content marketing dengan baik kepada pengguna. Video sendiri merupakan media visual gerak yang dapat dengan cepat untuk bisa memberikan gambaran mengenai informasi dengan cepat kepada pengguna.

  1. E-book / Buku

Tidak jauh dengan penerapan content marketing yang lainnya. Teknik ini banyak juga yang dimanfaatkan untuk bisa mendeliver informasi kepada pengguna melalui tulisan yang dilampirkan di buku.

  1. Social Media

Tentunya Anda pernah melihat banyak sekali postingan pada social media yang menceritakan suatu kejadian yang ujungnya melakukan promosi bukan? Tanpa disadari Itu merupakan salah satu content marketing yang terbilang efektif dimana pembuat content marketing mengajak pengguna untuk bisa membayangkan dengan baik jalan cerita sampai tidak sadar mereka masuk perangkap softselling yang dilakukan? Sebenarnya tidak selalu berhubungan soal promosi, content marketing di social media bisa juga kita manfaatkan untuk menyebarkan informasi asalkan tidak berbau HOAX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan chat CS kami dibawah ya kak!

Kak, yang bisa kami bantu?